Prodi Magister Pendidikan Matematika Mengadakan Pelatihan Software Pembelajaran Kepada Guru Matematika Banten

Diposting pada

Program Studi Magister Pendidikan Matematika – Pascasarjana – Universitas Sultas Ageng Tirtayasa telah mengadakan pelatihan software Geogebra dan Scilab untuk meningkatkan kemampuan literasi ICT guru matematika di Provinsi Banten. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membantu guru-guru yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA Kabupaten Lebak dan Organisasi Matematika Nusantara Wilayah Banten dalam mengoptimalkan pemanfaatan software pembelajaran matematika.

Adapun software yang dikaji terkait pemanfaatkan software open-source matematika dan pembelajarannya, yaitu : Geogebra dan Scilab. Geogebra dipilih karena merupakan open source, tersedia tutorialnya di internet, mempunyai forum pengguna di internet, dan dipakai di berbagai negara. Demikian pula dengan Scilab. Apalagi guru pada umumnya memiliki laptop pribadi yang biasa digunakan untuk mengajar, mengakses internet, dan keperluan lain berkaitan dengan kepentingan pembelajaran.

Pelaksanaan pelatihan tersebut telah dilaksanakan dengan menyesuaikan pada kondisi pandemi sekarang, yaitu pelatihan daring melalui synchronous dan asynchronous. Pelaksanaan synchronous diadakan sebanyak 4 kali pertemuan melalui webinar GoogleMeet pada tanggal 5, 12, 19 dan 26 September 2020. Adapun pelaksanaaan asynchronous diadakan melalui aplikasi Edmodo selama 1 bulan.