Seminar Kolaborasi Pascasarjana Pendidikan Matematika (SKPPM): Kolaborasi Untirta, UNJ, UPI, Unsil dalam PPPMI

Diposting pada

Pada Sabtu tanggal 28 November 2020 , telah diadakan kegiatan “Seminar Kolaborasj Pascasarjana Pendidikan Matematika” yang mengusung tema  “Problematika Penyusunan Tesis Pendidikan Matematika “. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom mengingat masa pandemi yang masih melanda Indonesia. Seminar ini diadakan sejak pukul 07.30 sampai dengan pukul 12.30. Namun peserta sudah bisa melalukan check in zoom pada pukul 07.15. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan seminar ini kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari pemakalah dan non pemakalah. Pemakalah terdiri dari 24 orang dengan rincian 7 mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtaysasa, 1 mahasiswa dari Universitas Gorontalo, 1 mahasiswa dari Universitas Tadulako Palu, 4 mahasiswa dari Universitas Siliwangi,1 mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta, 5 mahasiswa dari Universitas Siliwangi, 2 mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia, 4 mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Sambutan disampaikan oleh Dr. H. Dadang Juandi, M.Si selaku perwakilan Kaprodi SKPPM. Dilanjutkan dengan kata sambutan sekaligus membuka acara dari Ketua PPMI yakni Prof. Drs. YL. Sukestiyarno, M.Si., Ph.D. Seminar ini dimoderatori oleh Al Jupri, Ph.D. dan menghadirkan 4 orang narasumber mumpuni yakni Ketua Prodi Pendidikan Matematika dari 4 Universitas yang berbeda, yaitu :

  1. Makmuri, M. Si. , Ketua Prodi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta
  2. H. Dadang Juandi, M.Si. , Ketua Prodi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia
  3. Nani Ratnaningsih, M.Pd. , Ketua Prodi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi
  4. Hepsi Nindiasari, M.Pd. , Ketua Prodi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Seminar ini terdiri dari plenary session  yakni pemaparan dari keempat narasumber yang di akhiri dengan sesi tanya jawab. Setelah itu dilanjutkan dengan parallel session yaitu presentasi dari masing-masing pemakalah yang tersebar dalam 4 breakout room. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui problematika dalam penyusunan tesis yang ada. Selain itu, Seminar Kolaborasi Pascasarjana Pendidikan Matermatika atau SKPPM yakni sebagai wadah pemakalah untuk menyampaikan garis besar penelitiannya serta mendapatkan berbagai saran dan komentar yang membangun juga memberikan gambaran kepada audience pada masing-masing breakout room yakni peserta non pemakalah tentang problematika yang dihadapi dalam penelitian Pendidikan matematikan