Seminar Nasional Daring Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Diposting pada

Pada 31 Oktober 2020 lalu, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia menggelar Seminar Daring Nasional bertajuk “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Perspektif Masa Pandemik”.  Pembicara dalam seminar itu berasal dari dua perguruan tinggi ternama di Indonesia, yakni Prof. Dr. Ade Hikmat, M.Pd. dari Uhamka, Jakarta dan Dr. Sumiyadi, M.Hum. dari Universitas Pendidikan Indonesia. Peserta kegiatan itu berjumlah 200 orang yang berasal dari pelbagai kalangan, yakni guru, dosen, dan mahasiswa dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Seminar tersebut dilaksanakan untuk merespons kondisi pendidikan setakat ini yang masih dipengaruhi oleh kondisi pandemik. Sebagaimana kita pahami bersama, praktik pendidikan di pelbagai jenjang merupakan bentuk adaptasi  terhadap perubahan dan pergeseran yang terjadi selama masa pendemik. Oleh sebab itu, seminar ini mengusung tema dan substansi pokok yang penting dalam kerangka meningkatkan pengetahuan dan kemahiran para pendidik bahasa dan sastra.

Pandemik bukan sekadar berpengaruh pada perilaku hidup, tetapi secara luas berdampak pada ekonomi, sosial, dan budaya. Secara khusus, pandemik turut memengaruhi entitas bahasa. Paling tidak, hal itu tampak nyata dalam hal pengodean realitas, yakni terciptanya pengungkapan atau artikulasi bahasa yang secara kreatif dibentuk selama masa pandemik. Bahkan, sastra sebagai entitas budaya pun tidak terlepas dari pengaruh itu sebab sastra hidup dengan ditopang oleh kondisi ekologis yang terjadi.

Gayut dengan hal tersebut, para pembicara dalam seminar tersebut menyajikan perspektif kreatif dalam hal berstrategi mengajarkan bahasa dan sastra. Paparan para pembicara berhasil menarik antusiasme yang besar dari para peserta mengingat materi semacam ini penting sebagai bagian dari  pencerahan dan penambahan wawasan.