Roadshow Sosialisasi Mekanisme Kerjasama dan IKU 6, Pascasarjana Untirta siap dorong kerjasama di tingkat Internasional

Diposting pada

Sosialisasi Mekanisme Kerjasama dan IKU 6 yang dilangsungkan di ruang rapat gedung Kartiwa Suriasaputra kampus Pakupatan Untirta pada Jum’at Siang (26/01). Ini merupakan agenda terakhir roadshow tim Kerjasama Untirta yang sudah berlangsung selama satu pekan. Hadir dalam kesempatan tersebut Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, H. Kurnia Nugraha, ST., MT. Selaku Wakil Direktur II Pascasarjana dan para Ketua Program Studi Magister dan Doktor Pascasarjana Untirta dan serta para staff Pascasarjana. Turut hadir sebagai Narasumber Ratih Purnamasari, SE., M. Akt. Selaku ketua Pokja Kerjasama beserta tim Kerjasama Untirta.

Prof. Alfirano menyampaikan pentingnya bagi Untirta untuk menjalin kerjasama dengan institusi lain. “Hal ini dapat menunjang tri dharma dosen dan menambah kinerja fakultas dan program studi karena erat kaitannya dengan akreditasi” ucap beliau. Harapan kedepannya ada kerjasama yang bisa meningkatkan Income generating bagi lembaga. Beliau juga menyampaikan bahwa berkemungkinan ditahun 2024 Pascasarjana juga akan diikutsertakan dalam penilaian IKU sehingga perlu adanya persiapan untuk menyambut hal tersebut.

Wakil Direktur II Pascasarjana juga menyampaikan bahwa pascasarjana sudah banyak melakukan kerjasama tetapi belum terdokumentasi sesuai dengan kebutuhan IKU 6. “perlu adanya penyesuaian dokumen yang sudah ada menjadi dokumen kerjasama yang sesuai dengan penilaian IKU 6” ucap beliau. Wadir 2 Pascasarjana untirta juga menyampaikan bahwa pascasarjana sedang membuat skema agar para alumni S1 Untirta dengan bisa melanjutkan S2 di pascasarjana. “Alumni dengan kriteria dan prestasi tertentu akan kami berikan subsidi uang kuliah” ucap beliau. Hal ini diharapkan bisa menarik minat para alumni dan masyarakat umum untuk melanjutkan studi di Untirta karena jumlah mahasiswa juga menjadi penilaian dalam pencapaian IKU. Beliau juga menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya Universitas dalam meningkatkan kerjasama di tingkat internasional. “Hal ini bisa kita upayakan dengan memanfaatkan banyaknya dosen yang melanjutkan pendidikan di luar negeri” ungkapnya.

ketua Pokja Kerjasama Ratih Purnamasari, SE., M. Akt. juga menyampaikan bahwa permasalahan yang selama ini terjadi adalah kurangnya pemahaman prodi dan operator tentang mekanisme kerjasama dan Dokumen Kerjasama. Banyak kerjasama yang sudah dilakukan tetapi tidak bisa dikonversi sebagai penilaian pada IKU 6 karena kurangnya dokumen kerjasama yang dibutuhkan. “jika dulu kita fokus di MoU, sekarang kita fokuskan juga pada PKs, Implementation Arrangement (IA) dan laporan kerjasama” ucapnya. Beliau juga menekankan pentingnya bagi mitra kerjasama untuk mengisi survei kepuasan kerjasama di situs web resmi kerjasama Untirta guna mendukung akreditasi dan meningkatkan citra universitas. (PPVA/AAP)

Saduran berita: https://untirta.ac.id/2024/01/26/roadshow-sosialisasi-mekanisme-kerjasama-dan-iku-6-pascasarjana-siap-dorong-kerjasama-di-tingkat-internasional/